Selasa, 21 Juli 2020

Rencana Kerja Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro Tahun 2020-2025

RENCANA KERJA
DEWAN KERJA PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN BOJONEGORO
TAHUN 2020-2025

A. LATAR BELAKANG
Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah anggota muda dalam organisasi kepanduan di Indonesia (Gerakan Pramuka), memiliki posisi yang strategis bagi pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. Karena Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega merupakan kader
– kader yang diharapkan menjadi pemimpin dimasa mendatang.
Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai salah satu wadah pengembangan kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan Pramuka Tegak Dega di wilayahnya mempunyai arti penting dalam pengembangan skill dan kemampuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kwartir Cabang Bojonegoro haruslah mempunyai dasar dan perencanaan yang tepat dengan memperhatikan kebutuhan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seiring perkembangan dan kemajuan zaman. Maka, perlu adanya suatu rancangan kegiatan yang terarah dan tepat sasaran sehingga tujuan akhir dari pembinaan dan pengembangan tersebut tercapai.

B. PRIORITAS SASARAN
1. Keanggotaan
2. Pemantapan organisasi
3. Pembaruan pola pembinaan pramuka penegak dan pandega di Bojonegoro
4. Kaderisasi pramuka penegak dan pandega
5. Kegiatan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat

C. STRATEGI PELAKSANAAN
1. Pentahapan
Dalam pencapaian sasaran rencana kerja pembinaan dan pengembangan pramuka penegak dan pandega periode 2020 – 2025, dipergunakan pentahapan sebagai  berikut :
a. Tahap I : Pembaruan, penataan, dan pemantapan organisasi serta pola pembinaan pramuka penegak pandega di Bojonegoro
b. Tahap II : Sosialisasi pelaksanaan
c. Tahap III : Pelaksanaan
d. Tahap IV : Evaluasi pelaksanaan

2. Metode Pelaksanaan
Strategi pelaksanaan rencana kerja pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega periode tahun 2020 – 2025 dilaksanakan dengan menggunakan metode :
a. Terpolanya kegiatan – kegiatan baik diklat maupun operasional ke dalam program kerja tahunan selama masa bakti.
b. Kegiatan operasional Pramuka Penegak dan Pandega dilaksanakan dengan memberi proporsi yang lebih banyak kepada Dewan Kerja Ranting, sedangkan Dewan Kerja
 
Cabang memiliki porsi yang lebih besar terhadap aktivitas pembinaan Dewan Kerja dan wadah pembinaan di jajaran bawahnya.










































0 komentar:

Posting Komentar